PERLINDUNGAN APA SAJAKAH YANG DIBERIKAN HABBATUSSAUDA PADA KITA

PERLINDUNGAN APA SAJAKAH YANG DIBERIKAN HABBATUSSAUDA PADA KITA?

Kita semakin terpapar pada beragam zat beracun yang berpotensi membahayakan dalam kehidupan sehari-hari. Zat-zat toxic ini berasal dari bahan kimia yang berasal dari beragam sumber dalam makanan atau minuman kita. Semisal dari bahan pewarna,pengawet, pertisida pada sayuran, buah, dan lain-lain.

Banyak dari bahan kimia ini dalam konsentrasi tinggi diketahui menyebabkan kita berada dalam bahaya,  dan keterpaparan yang terus menerus terhadapnya dapat menimbulkan masalah terhadap kesehatan kita saat ini. Para ilmuwan secara tidak langsung telah melibatkan bahan kimia ke dalam lingkungan yang memiliki peran dalam meningkatkan kejadian kanker, infertilitas, peningkatan obesitas, penyakit pernafasan, depresi, autisme, attention deficit hyperactivity dan fibromyalgia.

Dalam rangkaian artikel ini, kami akan menunjukkan efek dari bahan kimia berbahaya yang berada di lingkungan kita dan peran minyak Habbatussauda untuk melindungi kita.

  1. Bromobenzene

Bromobenzene adalah suatu halokarbon yang mudah menguap yang sering dijumpai pada makanan siap saji (fast food) sebagai residu kontaminan. Zat beracun ini dan dapat menyebabkan kerusakan hati dan sistem saraf jika terhirup, tertelan, atau diserap melalui kulit. Sebuah studi dilakukan untuk menyelidiki apakah minyak Habbatussauda dapat mengurangi kerusakan hati dan ginjal yang disebabkan oleh paparan bromobenzena. Penelitian ini meneliti tanda-tanda tes darah fungsi hati dan ginjal serta arsitektur jaringan.

Hasilnya menunjukkan bahwa perlakuan dengan minyak Habbatussauda memberikan sifat antioksidan yang kuat dan mengurangi penanda kerusakan hati dan ginjal. Pemeriksaan mikroskopis pada struktur jaringan hati dan ginjal menunjukkan minyak Habbatussauda mengurangi kerusakan dan jaringan parut. Para penulis menyimpulkan bahwa minyak Habbatussauda meningkatkan mekanisme perlindungan hati dan ginjal, mengurangi komplikasi penyakit dan menghambat perkembangan penyakit akibat toksisitas bromobenzena.

  1. Chlorpiryfos

Chlorpyrifos adalah insektisida organofosfat, yang bekerja pada sistem saraf serangga dan sering dipakai dalam pertanian. Hal ini cukup toksik bagi manusia. Efek dari keterpaparan insektisida jenis ini berakibat pada gangguan neurologis, gangguan perkembangan yang terus-menerus, berkurangnya kesuburan dan penyakit autoimun.

Sebuah studi yang meneliti efek Chlorpyrifos pada tikus, menunjukkan efek buruk pada kesuburan dan keseimbangan hormon, yang berakibat pada  penurunan jumlah sperma, produksi sperma setiap hari, dan motilitas sperma. Di samping itu efek Chlorpiryfos juga meningkatkan jumlah kematian sel sperma  dan sperma abnormal dibandingkan dengan kelompok kontrol. Chlorpyrifos juga mengurangi kadar testosteron, kadar tiroksin, berat badan, asupan makanan, dan bobot organ reproduksi relatif.

Pada studi yang sama, dengan menggunakan minyak Habbatussauda pada tikus yang terpapar  Chlorpyrifos, ditemukan bahwa minyak Habbatussauda berefek meningkatkan kadar testosteron dan antioksidan, serta mengurangi efek toksik Chlorpyrifos pada sistem reproduksi dengan meningkatkan kualitas sperma dan mencegah toksisitas.

  1. N-Nitrosodimethylamine

N-Nitrosodimetilamina adalah bahan kimia organik, diproduksi sebagai hasil sampingan dari beberapa proses industri dan hadir dalam kadar rendah pada bahan makanan tertentu, terutama yang dimasak, diasapi, atau diawetkan. N-Nitrosodimetilamina sangat beracun bagi hati dan dapat menyebabkan karsinoma hepatoseluler (kanker hati).

Sebuah penelitian dilakukan yang menguji efek ekstrak minyak volatile dari Habbatussauda, yakni thymoquinone, pada kanker hati yang diinduksi oleh N-Nitrosodimethylamine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thymoquinone secara signifikan mengurangi perubahan sel menjadi kanker dengan mengurangi proliferasi sel abnormal. Hasilnya menunjukkan thymoquinone memiliki aktivitas anti proliferatif yang manjur, yang  menunjukkan peran menguntungkan dalam pengobatan kanker hati.

  1. Partikel Knalpot Diesel

Partikel Knalpot pembakaran diesel adalah sumber kontaminan yang mengotori atmosfer dan merupakan partikel halus yang dapat menyebabkan kanker, kerusakan jantung, paru-paru, dan disfungsi mental.

Sebuah studi dilakukan untuk meneliti efek ekstrak minyak Habbatussauda, yakni thymoquinone terhadap efek partikel knalpot diesel. Hasilnya : Setelah 18 jam terpapar hasil  pembakaran diesel, tercatat terjadi pengurangan yang signifikan pada fungsi paru dan kardiovaskular pada tikus percobaan. Pemberian thymoquinone tercatat dapat mencegah efek kardiovaskular. Thymoquinone juga mencegah penurunan jumlah trombosit dan efek prethrombotic dari polutan partikel knalpot diesel.

Khasiat perlindungan Habbatussauda di atas dapat dibaca pada daftar penelitian berikut ini :

  1. Hamed MA, El-Rigal NS, Ali SA. Effects of black seed oil on resolution of hepato-renal toxicity induced bybromobenzene in rats. Eur Rev Med Pharmacol Sci. 2013 Mar;17(5):569-81.
  2. Mosbah R, Yousef MI, Maranghi F, et al. Protective role of Nigella sativa oil against reproductive toxicity, hormonal alterations, and oxidative damage induced by chlorpyrifos in male rats. Toxicol Ind Health. 2014 Nov 25. pii: 0748233714554675.
  3. Raghunandhakumar S, Paramasivam A, Senthilraja S, et al. Thymoquinone inhibits cell proliferation through regulation of G1/S phase cell cycle transition in N-nitrosodiethylamine-induced experimental rat hepatocellular carcinoma. Toxicol Lett. 2013 Oct 23;223(1):60-72.
  4. Nemmar A, Al-Salam S, Zia S, et al. Contrasting actions of diesel exhaust particles on the pulmonary and cardiovascular systems and the effects of thymoquinone. Br J Pharmacol. 2011 Dec;164(7):1871-82.

Dengan bukti riset di atas, masihkah Anda ragu dengan khasiat Minyak Habbatussauda???

Dapatkan minyak Habbatussauda dalam kemasan kapsul lunak yakni HABBATUSSAUDA OIL SOFT CAPSULE untuk melindungi kesehatan anda sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *