Hubungi Kami

0821-1601-8939

E-Mail

komunitas.habbats@gmail.com

Jam Buka

Mon - Fri: 7AM - 7PM

LATAR BELAKANG :

HEPATITIS C adalah faktor penyebab penting terjadinya kanker hati yakni karsinoma hepatoseluler (HCC) dan 23% pasien HEPATITIS C berkembang menjadi kanker HCC. Telah ditunjukkan bahwa ada peningkatan yang mengkhawatirkan dalam kejadian HCC pada pasien HEPATITIS C.

Saat ini, satu-satunya terapi yang disetujui untuk HEPATITIS C adalah pegylated interferon-α (PEG-IFN-α) dan pengobatan ribavirin, dan keberhasilan mereka sangat dipengaruhi oleh kepatuhan pasien, yang berkorelasi langsung dengan toleransi terhadap efek sampingnya. Selain itu, kendala keuangan untuk terapi kombinasi pada banyak pasien sering berkontribusi pada ketidakpatuhan menjalani terapi, sehingga berpotensi menurunkan tingkat keberhasilannya.

Molekul yang terkait dengan stres oksidatif dapat bertindak sebagai mediator yang memodulasi kejadian seluler yang bertanggung jawab untuk perkembangan menjadi fibrosis hati. Telah ditunjukkan bahwa peningkatan produksi spesies oksigen reaktif, sebagian dipicu oleh kelebihan zat besi, terlibat dalam kerusakan hati terkait HEPATITIS C melalui jalur yang melibatkan kerusakan oksidatif DNA.

Silymarin adalah salah satu terapi alternatif yang telah diuji sebelumnya untuk pengelolaan pasien HEPATITIS C yang bukan kandidat untuk PEG-IFN; Namun, belum menunjukkan dampak yang berarti pada viral load/serangan virus.

Nigella sativa ( Habbatussauda ) digunakan sebagai bumbu makanan di Timur Tengah, dan bijinya / minyaknya telah terbukti memiliki aktivitas antiinflamasi, antivirus dan antineoplastik dalam berbagai penelitian in vitro dan in vivo. Efek antioksidan dari Habbatussauda telah ditunjukkan dalam minyak esensial yang diperoleh dari enam ekstrak biji yang berbeda, serta dari fixed oil yang dijual komersial. Minyak Habbatussauda dan fraksinya telah menunjukkan aktivitas pembersihan radikal in vitro yang kuat.

Efek Habbatussauda telah dievaluasi dalam penelitian pada hewan. Ada banyak laporan tentang aktivitas biologisnya termasuk: imunopotensiasi, antitumor, antiinflamasi, analgesik, antihipertensi, antidiabetik, stimulasi pernapasan, antibakteri, antijamur, anticestode, dan efek antinematoda (obat cacing).

Terdapat penurunan mencolok titer virus murine cytomegalovirus (CMV) di kedua limpa dan hati ditemukan pada tikus yang diobati dengan minyak biji Habbatussauda dibandingkan dengan tikus kontrol dalam riset. Selain itu, pemberian oral (minum) dengan ekstrak Habbatussauda menekan tumor hati yang diinduksi secara kimiawi pada tikus. Pengobatan Habbatussauda telah terbukti memperbaiki parameter hematologis yang terganggu pada kelinci diabetes melalui modulasi konten membran sel darah merah (RBC) lipid peroksida, yang mengarah pada peningkatan jumlah RBC 

TUJUAN : Untuk mengevaluasi keamanan, kemanjuran dan tolerabilitas Nigella sativa ( Habbatussauda ) pada pasien dengan hepatitis C yang tidak memenuhi syarat untuk interferon (IFN) -α.

METODE: Tiga puluh pasien dengan infeksi virus hepatitis C (HEPATITIS C), yang tidak memenuhi syarat untuk terapi IFN / ribavirin, dilibatkan dalam penelitian ini. 

Kriteria inklusi meliputi: pasien dengan Hepatitis C dengan atau tanpa sirosis, yang memiliki kontraindikasi terhadap terapi IFN-α, atau telah menolak atau memiliki kendala keuangan terhadap terapi IFN-α. Kriteria eksklusi meliputi: pasien yang menggunakan terapi IFN-α, infeksi dengan hepatitis B atau virus hepatitis I, karsinoma hepatoselular, keganasan lainnya, penyakit berat yang parah, atau ketidakpatuhan pengobatan. 

Berbagai parameter, termasuk parameter klinis, jumlah darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, glukosa plasma, kapasitas total antioksidan (TAC), dan reaksi berantai polimerase, semuanya dinilai pada awal dan pada akhir penelitian. Penilaian klinis meliputi: hepato dan / atau splenomegali, ikterus, eritema palmar,Habbatussauda diberikan selama tiga bulan berturut-turut dengan dosis (450 mg tiga kali sehari). Respon klinis dan kejadian reaksi obat yang merugikan dinilai pada awalnya, secara berkala, dan pada akhir penelitian.

HASIL:

Dalam penelitian ini, pemberian N. sativa secara signifikan meningkatkan Total Kapasitas Antioksidan pada pasien Hepatitis C, menyiratkan efek perlindungan potensial dari N. sativa dengan menghentikan stres oksidatif yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pengobatan N. sativa secara signifikan menurunkan kadar glukosa darah pada pasien HEPATITIS C, menyiratkan bahwa itu menormalkan efek modulasi potensial pada intoleransi glukosa yang diinduksi HEPATITIS C. Efek ini bermanfaat dalam pengendalian diabetes pada pasien HEPATITIS C karena memungkinkan kita untuk menurunkan kebutuhan insulin. 

Dalam studi ini, pemberian Habbatussauda secara signifikan meningkatkan kadar albumin serum dan secara signifikan mengurangi edema tungkai bawah, yang menunjukkan perbaikan dalam kondisi klinis. 

Terapi Habbatussauda dalam penelitian ini secara signifikan meningkatkan jumlah sel darah merah dan trombosit pada pasien HEPATITIS C, menunjukkan potensi perbaikan / pencegahan gangguan hematologis yang diinduksi HEPATITIS C. Oleh karena itu, Habbatussauda dapat secara positif mempengaruhi hasil klinis pada pasien HEPATITIS C.

KESIMPULAN :

Sebagai kesimpulan, pemberian Habbatussauda pada pasien HEPATITIS C aman dan dapat ditoleransi dan menghasilkan peningkatan yang bermakna dalam viral load, stres oksidatif dan penanda laboratorium. Selain itu, perbaikan klinis dan kontrol glikemik yang lebih baik pada pasien dengan diabetes menunjukkan peran potensial untuk Habbatussauda dalam meningkatkan hasil klinis pasien HEPATITIS C. 

Disarikan dari Judul Penelitian : Effects of Nigella sativa on outcome of hepatitis C in Egypt

World J Gastroenterol. Apr 28, 2013; 19(16): 2529-2536
Published online Apr 28, 2013

THIBBUNA (Habbatussauda Oil)

100% Murni minyak habbatussauda yang dikemas dengan kapsul Double Sealing Capsule, kualitas minyak terjaga, tidak mudah bocor, mudah dikonsumsi, dan harga lebih ekonomis.

SAAT INI … SEDANG ADA PROMO BELI ISI 210 KAPSUL , GRATIS ISI 100 KAPSUL

Segera pesan produk THIBBUNA dan produk Habbats lainnya

Silahkan langsung menghubungi

Team Internet Marketing kami

Untuk info pemesanan dan keagenan

Telp./Wa : 0821-1601-8939

Info lebih lanjut : www.habbats.co.id

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *