Khasiat Ramuan Nigella sativa dengan Jahe (Zingiber officinale) pada pasien Hepatitis Virus C

Hepatitis C adalah beban kesehatan global yang utama, dan Mesir memiliki prevalensi Hepatitis Virus C (HCV) tertinggi di seluruh dunia. Sebuah Studi dirancang untuk mengevaluasi efek terapeutik yang menguntungkan dari ekstrak etanol Nigella sativa (Habbatussauda) , Zingiber officinale (Jahe)dan campurannya pada pasien HCV Mesir. 

Jahe ( Zingiber officinale ) adalah ramuan yang terkenal dan banyak digunakan, yang mengandung beberapa konstituen bioaktif yang menarik dan memiliki sifat meningkatkan kesehatan (Ajayi et al., 2013). Dari asalnya di Asia Tenggara dan penyebarannya ke Eropa, ia memiliki sejarah panjang digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit termasuk muntah, nyeri, gangguan pencernaan, dan sindrom yang diinduksi dingin (White, 2007). Baru-baru ini, dilaporkan bahwa jahe juga memiliki aktivitas anti kanker, anticlotting, anti-inflamasi, dan analgesik (Chrubasik et al., 2005; Ali et al., 2008).

Nigella sativa ( N. sativa ) digunakan sebagai bumbu makanan di Timur Tengah, dan biji / minyaknya telah terbukti memiliki aktivitas anti-inflamasi, antivirus, dan antineoplastik dalam berbagai penelitian in vitro dan in vivo (Zaher et al., 2008). Ada banyak laporan tentang aktivitas biologisnya termasuk: imunopotensiasi, antitumor, anti-inflamasi, analgesik, antihipertensi, antidiabetes, stimulasi pernapasan, antibakteri, antijamur, anticestode dan efek antinematoda (Ali dan Blunden, 2003; Al-Naggar et al ., 2003).

Sampai saat ini, penelitian yang membahas penggunaan ekstrak etanol Z. officinale , N. sativa dan campurannya pada pasien HCV masih sedikit. Oleh karena itu, perlu usaha untuk mengevaluasi efikasi, keamanan, dan tolerabilitas ekstrak Z. officinale dan N. sativa , baik secara individu maupun dalam kombinasi, sebagai terapi alternatif dalam pengelolaan pasien HCV.

Metode

Enam puluh pasien sukarelawan dengan HCV yang terbukti dan subjek sehat yang berusia lima belas tahun cocok dilibatkan dalam penelitian ini. Kriteria eksklusi termasuk pasien yang mendapat terapi interferon alfa (IFN-α), infeksi virus hepatitis B, penyakit hati akibat obat, sirosis lanjut, karsinoma hepatoseluler (HCC) atau keganasan lain, kelainan gambaran darah, dan penyakit berat mayor. Enzim fungsi hati, albumin, bilirubin total, waktu protrombin dan konsentrasi, rasio normalisasi internasional, alfa fetoprotein dan viral load semuanya dinilai pada awal dan pada akhir penelitian. 

Ekstrak etanolik Nigella sativa dan Zingiber officinale disiapkan dan diformulasikan dalam kapsul yang masing-masing mengandung 500 mg Nigella sativa dan Zingiber officinale . Respon klinis dan kejadian reaksi obat yang merugikan dinilai pada awalnya, secara berkala, dan pada akhir penelitian. 

Hasil

Setelah satu bulan pengobatan dengan ekstrak etanol N. sativa dan Z. officinale , pasien menunjukkan penurunan viral load yang bermakna (P <0,001) dibandingkan dengan kelompok kontrol HCV.

Baik ekstrak maupun campurannya secara signifikan memperbaiki perubahan viral load, alpha fetoprotein, parameter fungsi hati; dengan efek yang lebih kuat untuk terapi kombinasi. 

Sebagai kesimpulan, pemberian ekstrak etanol Nigella sativa dan / atau Zingiber officinale untuk pasien HCV menunjukkan potensi manfaat terapeutik melalui penurunan viral load dan memperbaiki fungsi hati, dengan efek yang lebih kuat yang ditawarkan oleh campuran Habbatussauda dan Jahe tersebut.

Sebagai kesimpulan, pemberian ekstrak etanol Nigella sativa dan / atau Zingiber officinale untuk pasien HCV menunjukkan potensi manfaat terapeutik melalui penurunan viral load dan memperbaiki fungsi hati, dengan efek yang lebih kuat yang ditawarkan oleh campuran Habbatussauda dan Jahe tersebut.

Habbat’s Sehat merupakan suplemen kesehatan herbal alami 4 in 1 serbuk yang dikemas ke dalam sebuah kapsul suplemen untuk membantu memelihara daya tahan dan kesehatan tubuh Anda secara alami.

Ingat ya Sahabbats.. Jangan sampai ketinggalan promonya karena stoknya terbatas🤗
Ayoooo order sekarang juga, untuk order bisa langsung menghubungi

📞 whatsapp 0821-1601-8939

www.habbats.co.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *