Manfaat Habbatussauda Menurunkan Berat Badan

INGIN MENURUNKAN BERAT BADAN? MINUM HABBAT’S..!!

 

Banyak orang yang menggunakan minyak Habbatussauda berharap bahwa minyak ini juga bermanfaat menurunkan berat badan dan memerangi obesitas. Betulkah Habbatussada memiliki efek demikian, dan apa sebenarnya bukti ilmiah yang sebenarnya?

Bukti awal untuk efek minyak Habbatussauda terhadap penurunan berat badan ditemukan pada percobaan hewan yang menyelidiki keamanan minyak Habbatussauda beserta ekstraknya. Dalam satu percobaan, tikus yang diberi minyak Habbatussauda tercatat tidak mengalami peningkatan berat badan dibandingkan dengan kontrol yang diberi makan dengan jumlah kalori yang sama.

Sebuah percobaan manusia yang menyelidiki efek minyak biji Nigella sativa pada pria gemuk, menunjukkan efek menguntungkan minyak Habbatussauda  untuk menurunkan berat badan. Minyak Habbatussauda dibandingkan dengan plasebo dan diberikan pada dua kelompok maskulin pria dengan berat badan berlebih antara 30 – 50 selama tiga bulan. Studi ini melibatkan 39 peserta. Peserta diperiksa mingguan. Hasilnya menunjukkan bahwa kelompok yang menerima minyak Habbatussauda memiliki penurunan berat badan dan penurunan lingkar pinggang yang signifikan secara statistik dibandingkan dengan kelompok yang diberi plasebo.

Peserta juga dinilai pada sejumlah gejala subyektif. Yang menarik dalam kelompok yang mendapat minyak Habbatussauda, semua keluhan subyektif menghilang setelah minggu pertama. Pada gejala kelompok kontrol tetap sampai akhir penelitian.

Sebuah studi sebelumnya meneliti efek serbuk biji Habbatussauda dalam kapsul pada indeks massa tubuh, rasio pinggang-pinggul, tekanan darah, gula darah puasa, lipid serum juga menunjukkan dampak yang menguntungkan pada hampir semua variabel.

Studi lain yang secara khusus melihat dampak metabolik kekuatan Nigella sativa pada wanita menopause, tidak menemukan perubahan berat badan yang signifikan secara statistik. Akan tetapi pada penelitian tersebut ditemukan adanya penurunan kolesterol total, trigliserida, LDL kolesterol, HDL kolesterol dan glukosa darah.

Sebagai kesimpulan, telah ditemukan bukti klinis yang mendukung pada manusia dan hewan percobaan bahwa minyak Habbatussauda memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Juga didapatkan bukti bahwa minyak Habbatussauda memiliki efek menguntungkan untuk melawan konsekuensi buruk obesitas. Uji coba skala besar lebih lanjut diperlukan untuk menentukan secara tepat berapa banyak penurunan berat badan yang dicapai pada setiap dosis minyak Habbatussauda.

Masih meragukan khasiat Habbatussauda?

Riset dan penelitian ilmiah dari kesimpulan-kesimpulan tulisan di atas ada pada judul penelitian di bawah ini :

  1. Tauseef Sultan M, Butt MS, Anjum FM. Safety assessment of black cumin fixed and essential oil in normal Sprague Dawley rats: Serological and hematological indices. Food Chem Toxicol. 2009 Nov;47(11):2768-75.
  2. Datau EA, et al. Efficacy of Nigella sativa on serum free testosterone and metabolic disturbances in central obese male. Acta Med Indones. 2010 Jul; 42(3):130-4.
  3. Qidwai W, et al. Effectiveness, safety, and tolerability of powdered Nigella sativa (kalonji) seed in capsules on serum lipid levels, blood sugar, blood pressure, and body weight in adults: results of a randomized, double-blind controlled trial. J Altern Complement Med. 2009 Jun;15(6):639-44.
  4. Ibrahim RM, et al. Protective Effects of Nigella sativa on Metabolic Syndrome in Menopausal Women. Adv Pharm Bull. 2014;4(1):29-33.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *