APAKAH ORANG SEHAT BUTUH MINUM HABBATUSSAUDA?

Habbatussauda merupakan bahan herbal yang memiliki multimanfaat. Banyak riset menunjukkan bahwa habbatussauda mempunyai potensi sebagai bahan terapi yang sangat berkhasiat menanggulangi beragam penyakit. Sehingga Habbatussauda lebih dikenal sebagai obat yang hanya dikonsumsi di saat seseorang menderita sakit. Manakala sehat, bahan herbal ini seringkali dilupakan.

Padahal sebenarnya selain mengandung zat aktif yang memiliki khasiat menanggulangi penyakit, habbatussauda juga merupakan bahan herbal yang mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu konsumsi habbatussauda di masa sehat sebenarnya bukanlah hal yang berbahaya atau beresiko untuk dilakukan, bahkan memiliki sekian manfaat.

Apa sajakah manfaat yang bisa kita nikmati dengan mengkonsumsi habbatussauda di masa sehat? Diantaranya bisa disebutkan berikut ini:

  1. Meningkatkan system kekebalan tubuh.

Satu Riset pernah dilakukan oleh Dr. Ahmad Alqodi terhadap delapan belas sukarelawan yang memiliki indikasi kesehatan prima. Para sukarelawan dibagi menjadi dua kelompok, yakni satu kelompok mengkonsumsi Jinten hitam dengan takaran 1 gr, dua kali dalam sehari, sedangkan satu kelompok pembanding mengkonsumsi activated carbon sebagai pengganti dari Jinten hitam tersebut selama empat pekan. Bubuk biji Jinten hitam dimasukkan ke dalam kapsul-kapsul yang sama persis dengan bubuk carbon. Melalui riset ini, diperoleh kesimpulan bahwa Jinten hitam berpengaruh menguatkan fungsi-fungsi kekebalan; di mana kadar sel limfosit Th bertambah dibandingkan sel limfosit Ts dengan perbandingan rata-rata 72 %, dan terjadi perbaikan aktivitas sel pembunuh alami (Natural killer cells) dengan perbandingan rata-rata 74 %.Adapun pada kelompok pembanding, yaitu yang tidak memakai Jinten hitam, hanya terjadi pengurangan 7 % sel limfosit Th dibandingkan dengan sel limfosit Ts, terjadi perbaikan 42% aktivitas sel pembunuh alami.Disimpulkan bahwa hal ini disebabkan oleh kemampuan nutrisi alami untuk menciptakan pengaruh dalam menguatkan kekebalan setelah carbon menyerap partikel-partikel kimiawi yang beracun dalam makanan yang dicerna dan minuman

Dengan system pertahanan tubuh yang baik, kita mendapatkan banyak manfaat:

  • Tidak gampang terinfeksi oleh mikroorganisme baik itu bakteri, virus, jamur, protozoa dlsb.
  • Tidak mudah jatuh sakit.
  • Tercegah dari penyakit kanker.
  • Tercegah dari penyakit degeneratif akibat proses penuaan.
  • Metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

2.       Melindungi kesehatan liver/hati

Banyak riset menunjukkan bahwa sifat habbatussauda adalah melindungi kesehatan liver. Bahkan dalam percobaan, liver yang rusak akibat alcohol, Karbon Tetraklorid maupun beberapa komponen kimiawi lainnya berhasil dipulihkan dengan pemebrian habbatussauda.

3.       Melindungi kesehatan ginjal.

Salah satu sifat habbatussauda adalah renoprotektif atau nefroprotektif, dimana zat yang terdapat di dalam habbatussauda bermanfaat untuk melindungi ginjal. Bahkan ginjal yang rusak akibat bahan kimia seperti antibiotic Gentamycin, ataupun karena iskhemi mengalami perbaikan setelah diberikan habbatussauda.

4.       Melindungi kesehatan lambung

Salah satu sifat habbatussauda adalah gastroprotektif, yakni melindungi lambung. Mekanismenya salah satunya adalah dengan cara mengurangi sekresi asam lambung yang berlebihan yang dapat memicu gastritis. Mekanisme pengurangan sekresi asam lambung ini kekuatan kerjanya hampir sebanding dengan obat kimia Ranitidin. Sehingga bagi mereka yang sudah maupun belum terkena penyakit maag, habbatussauda merupakan suplemen sehat agar kesehatan lambung terjaga.

5.       Habbatussauda merupakan bahan yang mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Ada karbohidrat, protein, asam lemak tak jenuh, vitamin dan juga komponen nutrisi bermanfaat lainnya.

6.       Habbatussauda dapat meningkatkan kinerja jantung tanpa meningkatkan beban kerja dan energy yang dibutuhkan oleh otot jantung. Hal ini berarti efektifitas kerja jantung meningkat .

APAKAH ORANG SEHAT BUTUH MINUM HABBATUSSAUDA

Hal ini adalah menurut riset yg berjudul : Effects of two-months Nigella sativa supplementation on cardiac hemodynamics and adrenergic responsiveness, oleh Mohammad Taha Al-Hariri, Talay Yar, Abdullah Omar Bamosa, Mohammad Nabil El-Bahai, Department of Physiology, College of Medicine, King Faisal University, Dammam 31451, Kingdom of Saudi Arabia.

7.       Habbatussauda mengandung antioksidan yang dibutuhkan oleh pekerja berat maupun pekerja lapangan. Kegunaan antioksidan dalam hal ini diantaranya:

  • Menguatkan kekebalan tubuh agar tahan terhadap flu, virus, dan infeksi.
  • Mengurangi kejadian semua jenis kanker.
  • Mencegah terjadinya glukoma dan degenerasi makular.
  • Mengurangi risiko terhadap oksidasi kolestrol dan penyakit jantung.
  • Anti-penuaan dari sel dan keseluruhan tubuh
  • Menangkal radikal bebas

Konsumsi harian yang dianjurkan bagi usia dewasa adalah antara 2 hingga 4 kapsul @500 mg dalam sehari. Sedangkan bagi anak-anak bisa diberikan dalam bentuk minyak drop/tetes yang dicampurkan ke dalam bubur/makanan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *