PERAN HABBATUSSAUDA DALAM PRODUKSI ASI

ASI eksklusif adalah pemberian ASI (air susu ibu) sedini mungkin setelah persalinan, diberikan tanpa jadwal dan tidak diberi makanan lain, walaupun hanya air putih,sampai bayi berumur 6 bulan. Setelah 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan makanan lain dan tetap diberi ASI sampai bayi berumur dua tahun.

WHO merekomendasikan ASI eksklusif selama enam bulan dan kemudian dilanjutkan ASI dikombinasikan dengan makanan padat selama 12-24 bulan atau selama ibu dan bayi menginginkanya, bahkan jika anda hanya menyusui beberapa hari saja sang bayi akan menerima banyak manfaat.  Berikut manfaat ASIeksklusif yang diberikan pada usia dan tahap kehidupan bayi:

  • Jika menyusui hanya beberapa hari. Anak akan menerima kolostrum yang berguna sebagai penyedia antibodi dan sumber makanan tubuh barunya, menyusui membantu anak anda bekerjanya sistem pencernaannya dengan lancar.
  • Menyusui bayi selama 4-6 minggu. Selain anak akan mendapat pengalaman yang tidak dilupakan saat masa dia kecil, bayi yang menkonsumsi ASI akan lebih rentan terhindar terkena penyakit dari pada yang tidak menkonsumsinya.
  • Menyusui bayi selama 3-4 bulan. Sistem pencernaannya akan sempurna  dan dia akan jauh lebih mampu mentolerir zat asing dalam susu bayi formula. tidak memberikan apapun selain ASI selama 4 bulan pertama akan melindungi bayi terhadap alergi dan memberikan perlindungan terhadap infeksi telinga selama satu tahun.
  • Menyusui bayi selama 6 bulan. Tanpa perlu menambah makanan atau minuman lain anda akan memastikan kesehatan yang baik sepanjang tahun pertama bayi anda hidup, ini akan menghindarkan resiko anak dari infeksi telinga dan kanker dan mengurangi resiko kanker payudara untuk anda sendiri.
  • Menyusui bayi selama 9 bulan. Manfaat untuk perkembangan otak dan tubuh tercepat yang paling penting dalam hidupnya karena mendapatkan asupan ASI yang cukup.
  • Menyusui bayi selama 1-2 tahun, dapat mengurangi biaya dan efek samping dari menggunakan susu bayi formula . Tubuhnya satu tahun mungkin akan mampu memakan makanan lebih bervariasi selain ASI. Manfaat kesehatan karena menyusui selama setahun akan berguna sepanjang hidupnya. Dia akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Manfaat ASI terhadap kelangsungan hidup dan kesehatan bayi.

  • Menyelamatkan nyawa, ASI eksklusif adalah sumber paling efektif untuk mencegah kematian anak namun hanya kurang dari 40 persen bayi di bawah 6 bulan menerima manfaat pemberian ASI. Bayi di bawah usia 2 bulan yang tidak disusui adalah enam kali lebih mungkin untuk meninggal akibat diare atau infeksi saluran pernapasan akut daripada mereka yang disusui,  Sekitar 1,3 juta kematian dapat dicegah setiap tahun ketika pemberian ASI ekslusif meningkat menjadi 90 persen.
  •  Melindungi terhadap penyakit, ASI  kolostrum mengandung agen anti bakteri dan anti virus mempunyai komposisi vitamin A yang tinggi yang melindungi bayi terhadap penyakit.
  • Mempercepat pemulihan anak yang sakit,  ASI berguna selama diare untuk mengurangi tingkat keparahan dan lamanya diare dan resiko kekurangan gizi, karena ASI merupakan sumber makanan yang higienis dengan komposisi yang sempurna dari energi, protein, lemak, vitamin  dan nutrisi lain untuk bayi dalam enam bulan pertama. ASI adalah satu-satunya sumber yang aman dan dapat diandalkan makanan untuk bayi bhakan sewaktu dia sakit.
  • Memenuhi semua kebutuhan air. ASI mengandung 88% air  Studi menunjukkan bahwa anak yang menkonsumsi ASI ekslusif di bawah 6 bulan tidak membutuhkan cairan tambahan, bahkan di negara-negara dengan suhu yang sangat tinggi dan kelembaban rendah.
  • Mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental anak. Bayi yang diberi ASI menunjukkan perkembangan yang lebih baik dengan IQ yang lebih tinggi dari pada anak-anak yang tidak diberi ASI eksklusif . Nutrisi kunci yang sangat penting untuk kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan anak.
  • Beberapa penelitian mengatakan bahwa anak yang diberikan ASI akan lebih cenderung mengurangi kemungkinan obesitas, pemberian susu formula 20 -30 persen akan memungkinkan anak akan lebih gemuk.
  • Rata-rata bayi yang diberikan ASI akan memiliki resiko terkena  tekanan darah tinggi yang lebih rendah, ini akan membantu bayi terhindar dari penyakit jantung juga.

PERAN HABBATUSSAUDA MENINGKATKAN PRODUKSI ASI

Di banyak Negara, Habbatussauda digunakan secara tradisional sebagai penambah produksi ASI. Di antaranya di Asia dan Timur Tengah seperti di Negara Thailand, semenanjung Arab, India, Pakistan, Iran dan negeri-negeri sekitarnya. Hal ini juga dibuktikan dengan banyak penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi rutin habbatussauda dapat membantu peningkatan produksi ASI bagi ibu menyusui, selain juga harus didasari keniatan yang kuat dari sang ibu untuk menyusui anaknya.

PRODUK HABBATS YANG DIGUNAKAN SEBAGAI PENAMBAH PRODUKSI ASI

  1. Habbats Kapsul, berisi Habbatussauda murni. Dosis 3×3
  2. Habats Sehat, berisi Habbatussauda, Zaitun, Jahe dan Madu. Dosis 3×3
  3. Habbats Oil 369, berisi minyak Habbatussauda dan Minyak Zaitun. Dosis 2 sendok takar sehari
  4. Nigellive, berisi minyak Habbatussauda dan Minyak Zaitun. Dosis 2 x4 kapsul

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *